Cutest
Photobucket
FATIN NABILA AZMAN


Dashboard Follow CBOX

Apakah Rahsia Mendoakan Orang Lain Tanpa Pengetahuannya

Wednesday, 15 July 2015 | 13:54

Segala puji buatMu Ya Allah, Tuhan semesta alam yang telah memimpin dan membimbing kami ke arah kebenaran. Panjat syukur padaMu Ya Allah, di atas segala-galanya, di atas nikmat keislaman dan keimanan, di atas segala peluang dan kesempatan untuk melakukan kebaikan.

Selawat dan salam berterusan ke atas Nabi Muhammad S.A.W. Rasul tercinta, dirinya teladan mulia, rahmat kasih sayangnya memenuhi semesta. Syafaatnya amat didamba, terpilih menjadi ummatnya yang bertaqwa adalah anugerah yang sangat berharga.

Bismillahirrahmanirrahim..

Allah Ta'ala berfirman:

"Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin danAnshor), mereka berdoa: "Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beiman".
[QS. Al-Hasy:10]

Allah Ta'ala juga berfirman tentang Nuh -alaihishshalatu wassalam- bahwa beliau berdoa:

"Wahai Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapaku, oran yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan".
[QS. Nuh:28]

Dan juga tentang Nabi Muhammad -alaihi shshalatu wassalam- dimana beliau diperintahkan dengan ayat:

"Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan".
[QS. Muhammad: 19]

Dari Abu Ad-Darda' dia berkata: Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda:

"Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa pegetahuannya, melaikan malaikat akan berkata, "Dan bagimu juga kebaikan yang sama".
[HR. Muslim no. 4912]

Dalam riwayat lain dengan lafazh:

"Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus.

Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan "Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu".

Penjelasan Ringkas:

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahuan orangnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi -alaihimushshalatu wassalam- dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka.

Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga mereka pun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri. Dan ini di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukkan kesempurnaan iman mereka. Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda, "Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dicintai untuk dirinya sendiri".
[HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik]

Kerana... Allah dan Rasul-Nya memotivasi kam muslimin untuk sentiasa mendoakan saudaranya, sampai-sampai Allah Ta'ala mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk meng'amin'kan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya dan sebagai balasannya malaikat itu pun diperintahkan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut. Berhubung doa malaikat adalah mustajabah, maka kita boleh menyatakan bahwa mendoakan sesama musim tanpa sepengetahuannya termasuk dari doa-doa mustajabah.

Kerana... jika dia mendoakan untuk saudaranya -dan tentu saja doa yang sama akan kembali kepadanya- maka potensi dikabulkannya akan lebih besar dibandingkan dia mendoakan untuk dirinya sendiri.

Hanya saja satu batasan yang disebutkan dalam hadith -agar malaikat meng'ami'kan- adalah saudara kita itu tidak mengetahui kalau kita sedang mendoakan kebaikan untuknya.

Jika dia mengetahui bahwa dirinya didoakan maka lahiriah hadith menunjukkan malaikat tidak meng'amin'kan, walaupun tetap saja orang yang berdoa mendapat keutamaan karena telah mendoakan saudaranya.

Hanya saja kita mendoakannya tanpa sepengetahuannya lebih menjaga keikhlasan dan lebih berpengaruh dalam kasih sayang dan kecintaan.

Sebagai tambahan adab-adab berdoa dari dalil-dalil di atas:

1. Jika dia mendoakan orang lain  maka hendaknya dia mulai dengan mendoakan dirinya sendiri.
2. Dia mendoakan kedua orang tuanya ketika dia berdoa untuk dirinya sendiri.
3. Mendoakan kaum mukminin dan mukminat tatkala mendoakan dirinya sendiri.


New
Past
BLOG OWNER ★



Assalamualaikum. Ahlan wasahlan to blog FATIN NABILA AZMAN. Hope dapat ilmu sikit dari post saya. Syukran jazilan kerana sudi blogwalking blog saya ni. Kalau sudi follow lah sekali. Hee, TQ.

SEARCH? ★




STORY MORRY ★

Kalau nak baca entry yang terdahulu kala, klik post bawah sekali, n then dia akan keluar post lagi. Saya pun tak tahu kenapa jadi macam ni. Harap suka lah ngan blog saya ni yang tak de apa, hehe..

CREDIT ★

Skin made by Iyra Monster
Background from Wanaseoby
Most help Afiqah Junizan
Software used PS CS5 & AI CS5